Minggu, 22 Juli 2018

Pentingnya Kebersihan Tangan Bagi Kesehatan

Hai... Sobat sehat sekalian... Perkenalkan nama saya marla marlena.
Kali ini kita akan mempelajari pentingnya kebersihan tangan bagi kesehatan tubuh kita.
Penasaran bukan? Mari kita lihat:
 Kebersihan tangan adalah proses secara mekanik melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.  Kebersihan tangan harus dilakukan dengan baik dan benar. Melakukan kebersihan tangan dengan sabun dan air mengalir, bila tangan tampak atau terasa kotor, terkontaminasi dengan darah maupun cairan tubuh, dan bila berpotensi membentuk spora kuman. Melakukan handrub dengan cairan berbasis alkohol, dilakukan bila tangan tidak tampak kotor. Kebersihan tangan penting dilakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit.
Kebersihan tangan penting dilakukan karena di tangan terdapat flora normal yaitu flora resident dan transient. Flora resident hidup permanen dalam lapisan yang lebih dalam (epidermis) lebih sulit untuk dihalau. Sering dihubungkan dengan infeksi misal S.coagulase negative ditransmisikan melalui kontak dan bahaya lebih serius dalam Rumah Sakit ; S. Aureus, jamur, Gram Negatif.
Mikroorganisme yang tinggal dilapisan kulit yang lebih dalam serta didalam folikel rambut, dan tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, bahkan dengan pencucian dan pembilasan dengan sabun dan air bersih Flora transient merupakan mikroorganisme yang berada di lapisan kulit, diperoleh melalui kontak dengan pasien, petugas kesehatan lain atau permukaan yang terkontaminasi (mis:meja periksa, tempat tidur dll) selama bekerja. Flora transien tinggal di lapisan luar kulit dan terangkat sebagian dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
Kebersihan tangan dilakukan di wilayah :
Kebersihan tangan yang tepat dan benar dapat dilakukan dengan dua cara :
A. Handwash (Melakukan Kebersihan Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir)
Kebersihan tangan dengan sabun dan air mengalir dilakukan apabila tangan tampak kotor dengan waktu 40 – 60 detik, dimana setiap langkah dilakukan 4 hitungan.
Langkah – langkah :
 Buka kran dan basahi tangan dengan air
 Tuangkan sabun cair 3- 5 cc
Lakukan kebersihan tangan dengan baik dan benar :
1. Gosok kedua telapak tangan hingga merata
2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari
4. Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan.
5. Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
6. Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.
 Bilas tangan dengan air bersih
 Keringkan tangan dengan menggunakan kertas/tissu sekali pakai
 Gunakan handuk kertas tersebut untuk memutar kran sewaktu mematikan air
B. Handrub Antiseptik (Tehnik Mencuci tangan dengan airan berbasis Alkohol)
Penggunaan handrub antiseptik untuk tangan yang bersih lebih efektif membunuh flora residen dan flora transien daripada mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau dengan sabun biasa dan air. Antiseptik ini cepat dan mudah digunakan serta menghasilkan penurunan jumlah flora tangan awal yang lebih besar. Handrub anti septik juga berisi emolien seperti gliserin, glisol propelin, atau serbitol yang melindungi dan melembutkan kulit.
TeknikMencuci Tangan dengan Handrub Antiseptik harus dilakukan seperti di bawah ini :
 Tuangkan cairan handrub 3 – 5 cc berbasis alkohol ke dalam tangan lakukan 6 langkah gerakan mencuci tangan. Gosok kedua telapak tangan hingga merata

  1. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  2. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari
  3. Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan.
  4. Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
  5. Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.

Setiap gerakan dilakukan sebanyak 4 (empat) kali. Lamanya seluruh prosedur selama 20-30 detik. Setelah melakukan Handrub 3 kali atau bila tangan sudah tidak nyaman, lakukancucitangandengan air mengalir.
Beberapa contoh penyakit bila kita tidak menjaga kebersihan tangan:
1. Diare
Diare adalah penyakit dimana tinja yang dikeluarkan menjadi lebih cair dan frekuensinya menjadi lebih sering. Salah satu penyebab penyakit diare adalah bakteri.
Beberapa bakteri penyebab diare dapat ditularkan dengan kontak langsung. Apabila penderita diare yang tidak mencuci tangan berkontak langsung dengan orang lain yang sehat, bakteri penyebab bakteri dapat saja berpindah, dan menyebabkan diare pada orang lain.
2. Hepatitis A
Hepatitis A merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang organ hati. Hepatitis A dapat ditularkan dengan jalur fekal oral. Jalur ini berarti virus hepatitis A dapat menular melalui mulut atau saluran pencernaan.
Orang yang jarang mencuci tangan berisiko mendapatkan virus melalui mulutnya. Jika virus sudah masuk ke dalam saluran pencernaan, maka virus hepatitis A dapat menyebabkan gangguan hati dengan gejala seperti demam, kuning dan sakit perut kanan atas.
3. ISPA
Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dapat menyerang anak maupun dewasa. Keluhan yang akan dialami penderita ISPA adalah batuk dan pilek. Namun Anda dapat mencegah penyakit ini dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Selain itu, tutuplah mulut dan hidung Anda ketika Anda batuk atau bersin untuk mencegah penularan kepada orang lain. 
4. Skabies
Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau dapat masuk kedalam epidermis dan menyebabkan keluhan gatal pada kulit. Skabies dapat tertular dengan kontak langsung kulit, khususnya pada kerabat dekat yang tinggal dalam lingkungan yang sama. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan, mandi secara teratur dan mencuci tangan. Apabila seseorang sudah  menderita skabies, maka vervagai barang pribadi seperti pakaian, seprai dan handuk harus dibersihkan dan dicuci.
Setelah mengetahui pentingnya mencuci tangan, kapan seharusnya kita mencuci tangan? Berikut adalah panduan kapan saja Anda harus mencuci tangan.
  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Sebelum dan sesudah berhubungan dengan orang yang sakit
  • Sesudah menggunakan toilet
  • Sesudah mengganti popok anak atau membersihkan kotoran anak
  • Setelah bersin atau batuk
  • Setelah menyentuh hewan atau makanannya
  • Setelah menyentuh sampah
Nah... sobat sehat sudah tahukan pentingnya kebersihan bagi kesehatan kita.
Lebih baik mencegah daripada mengobati...
Blog lainnya dapat kalian lihat di marlamarlena.blogspot.com dan dedyvancoklat.blogspot.com
Kunjungi ya... Sampai jumpa di  blog saya berikutnya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar